Sala Lauak Kuliner yang Renyah Khas Pariaman

Sala Lauak Kuliner yang Renyah Khas PariamanPariaman memiliki sebuah kuliner yang cukup unik. Makanan tersebut bernama sala lauak. Kuliner khas pariaman – sala lauak ini merupakan sebuah makanan ringan seperti gorengan. Jika diartikan, sala merupakan goreng sedangkan lauak adalah ikan. Namun sala lauak yang dimaksud disini bukanlah ikan goreng seperti yang diartikan. Kuliner ini cukup unik dan hanya bisa ditemukan di Pariaman Sumatera Barat.

Si bola kuning ini adalah salah satu pesona yang ditawarkan kuliner minang kepada para pemburu makanan.  “Sala Lauak”, penganan  khas dari daerah pariaman. Terbuat dari campuran tepung beras, cabe, daun bawang, ikan asin atau udang dan irisan daun kunyit yang memberikan aroma harum mengundang selera.

Kuliner khas Pariaman – Sala Lauak adalah sebuah makanan gorengan yang berbentuk bola-bola dan berukuran sebesar bola pingpong. Makanan ini terbuat dari tepung beras, ikan asin, kunyit, daun bawang, cabe dan bawang-bawangan. Selanjutnya adonan ini dibentuk seperti bola pingpong dan digoreng. Jadi, makanan ini dinamakan sala lauak karena merupakan gorengan yang terbuat dari ikan asin dan bukan merupakan makanan seperti ikan goreng.

Jika Anda berkunjung ke Pariaman, maka kuliner yang satu ini harus Anda coba. Makanan ini juga bisa Anda temukan di Kota Padang, namun rasanya sudah agak berbeda. sebagian orang mengatakan bahwa sala lauak yang dijual di Kota Padang ukurannya lebih kecil-kecil dan rasa ikan asinnya tidak terlalu terasa. Setiap daerah memang mempunyai ciri khasnya masing-masing dan tidak bisa disamakan. Maka dari itu, jika Anda ingin mencicipi rasa asli dari sala lauak ini, maka Anda bisa membelinya di daerah Pariaman.


Jika Anda berada di luar kota dan tidak memungkinkan untuk pergi ke Pariaman Sumatera Barat, maka Anda bisa membuat sendiri sala lauak ini di rumah. Resepnya juga sangat mudah dan cukup sederhana. Pertama-tama adalah menyiapakan bahan-bahan seperti tepung beras, air panas, ikan asin, garam, bawang merah, bawang putih, cabe, kunyit dan daun bawang.

Kemudian campur tepung, bumbu halus, daun bawang dan ikan asin yang disuir-suir. Setelah itu campur dengan air panas dan aduk hingga rata. Setelah adonan merata, barulah adonan bisa dibentuk bulat-bulat dan terakhir tinggal digoreng hingga berwarna kecoklatan.

Jadi bagi Anda yang sedang berkunjung ke daerah pariaman dan penasaran dengan kuliner yang satu ini, maka cobalah untuk mecicipi kuliner khas Pariaman – Sala Lauak. Anda akan merasakan sendiri rasa khasnya. Bila perlu Anda bisa membandingkannya dengan sala lauak dari kota lain atau sala lauak buatan Anda sendiri.

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengecheck Kecepatan Blog dan Website

Macam-Macam Mesin Pencari Selain Google

Download Novel Ebook "The Alchemist"