Faktor Penting dalam Pemasaran Online

Faktor Penting dalam Pemasaran Online
Dalam Berorganisasi mungkin anda merasa sulit dalam pemasaran online namun jangan khawatir mungkin ini sedikit tips dari student-brains yaitu 3 faktor sederhana tapi merupakan hal yang paling penting yang akan menentukan perkembangan dari bisnis online anda kedepannya. Ketiga faktor tersebut adalah: Trafik (lalu lintas), konversi dan penjualan. Mari kita lihat satu persatu dari ketiga faktor tersebut dan hubungan eratnya dalam membantu bisnis Anda serta meningkatkan penjualan online.


  1. Lalu lintas/trafik ke situs anda
  2. Ini sungguh mengherankan bahwa banyak usaha kecil tidak memiliki akses atau tidak teratur melihat statistik situs web mereka, karena statistik ini dapat memberikan informasi yang sangat berguna, terutama jika Anda mencoba untuk meningkatkan penjualan online. Statistik situs yang baik akan memberitahu Anda lebih dari sekedar berapa banyak pengunjung masuk ke situs web Anda pada bulan yang lalu (atau pada rentang tertentu yang lainnya). Tetapi juga akan memberikan informasi penting seperti rata-rata berapa lama mereka berada di situs anda, halaman yang telah dilihat, dan kata kunci apa yang digunakan untuk menemukan situs Anda.

    Jika anda membangun website menggunakan CMS WordPress, jangan lupa untuk selalu menyertakan paket Statistik di Dashboard. Hal ini memungkinkan pemilik usaha kecil untuk dengan cepat dan mudah memeriksa statistik situs mereka setiap kali mereka masuk kedalam sistim. Jika Anda dapat melakukan sama untuk situs web Anda, saya akan merekomendasikan hal ini.

  3. Konversi
  4. Sekarang kita sudah tahu sedikit tentang statistik lalu lintas yang datang ke website kita, saatnya untuk melihat faktor kunci berikutnya untuk meningkatkan penjualan online yaitu konversi. Sederhananya, ini adalah jumlah pengunjung ke situs web Anda yang melakukan apa yang Anda ingin mereka lakukan. Tergantung pada bisnis Anda dan website Anda, ini bisa menjadi banyak hal, seperti:
    • Membeli produk
    • Mengunduh katalog produk anda
    • Mengisi formulir berlangganan dan masih banyak lagi tindakan lainnya
    Anda mungkin pernah mendengar istilah yang disebut tingkat konversi (conversion rates), yang merupakan jumlah konversi (orang yang mengunjungi sebuah situs dan memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan) dibagi dengan jumlah pengunjung ke website Anda. Umumnya, rasio konversi antara 1% dan 5% dianggap normal.

  5. Penjualan
  6. Selanjutnya adalah satu hal yang pasti kita semua menyukai dan memerlukan sedikit penjelasan. Penting untuk dicatat bahwa bagaimanapun juga kita perlu untuk fokus pada penjualan yang berasal dari website kita, bukan strategi pemasaran yang lainnya.


Jadi jika situs web Anda mendapatkan sangat sedikit pengunjung, maka perlu untuk lebih berupaya mendapatkan lebih banyak lalu lintas lagi. Jika Anda sudah mampu mendapatkan banyak lalu lintas tetapi hanya menghasilkan sedikit konversi, maka Anda harus melihat lebih dekat mengapa situs web Anda tidak mampu mengkonversi pelanggan. Jika Anda mendapatkan lalu lintas yang cukup dan konversi tetapi beberapa penjualan, memeriksa proses penjualan atau layanan atau produk yang Anda berikan.

Ini adalah ketika pekerjaan yang sebenarnya dimulai dan Anda mungkin perlu untuk meminta bantuan dari seorang spesialis pemasaran online, jasa web design untuk portifolio bisnis organisasi anda, ahli ataupun profesional lainnya untuk membantu Anda meningkatkan penjualan Anda secara online. Tetapi setidaknya Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai kinerja website Anda dan mengetahui bagian mana yang harus ditingkatkan pada situs anda.

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengecheck Kecepatan Blog dan Website

Macam-Macam Mesin Pencari Selain Google

Download Novel Ebook "The Alchemist"