Pagerank Hati Hati Templates

Pengalaman adalah guru yang baik.Berdasarkan pengalaman itulah maka saya posting Artikel Tips Ganti Template Vs Google Pagerank, bisa juga dibaca Tips Ganti Template Tapi Tetap SEO Friendly atau Waktu yang Tepat Mengganti Template Blogger karena kontennya mengarah kesana.

Ada beragam alasan melakukan ganti template , karena bosan, ingin tampil beda, ada theme yang lebih bagus dan SEO Friendly, loading ringan / fast loading, bahkan cuma coba-coba. Itu syah2 saja .. lha wong blognya punya saya, punya dia atau punya anda. Ibarat Domba ini punyaku,, dikasih makan oleh aku, diurus oleh aku.. beranak oleh… temannya dong.. hehee.

Ada ungkapan lain : Sering ganti template tidak baik untuk SEO, atau Oom Google tidak menyukai blog yang sering ganti template. Benarkah...?.

Jawabannya mungkin ya, mungkin tidak. Namun pengalaman membuktikan bahwa Blog Saung Link dan 1 blog lainnya selama 2 tahun gak pernah diurus, gak pernah update postingan, lha wong ditengokpun kagak.. tapi Pagerank Google tetap aja yang ini Pr 4 dan yang satunya Pr 2. Itu saya lihat saat mulai online/aktif lagi awal April 2012

Masalah dampak ganti template baru timbul dengan kronologis seperti ini :

    Ganti template pertengahan April 2012 dan Google update Pagerank 3 Mei, blog ini turun dari Pr 4 jadi Pr 3.
    Google Update Pagerank lagi 2 Agustus, blog ini tetap Pr 3
    Gak puas dengan template yang baru, saya ganti lagi dengan template yang ini pada akhir September, Update Pagerank 8 Nopember 2012 dan blog ini turun lagi dari Pr 3 jadi Pr 2.
    Blog yang satunya lagi sama ganti template jelang akhir September dan saat update pagerank 8 Nopember turun dari Pr 2 jadi Pr 1.
    Dalam mengganti template ini memang saya rombak habis2an mulai Metatag, keyword dan Diskripsi Blog.
    Visitor menurun secara drastis, dan Artikel SEO anjlok dari SERP google, udah gitu berimbas pula pada Si Cantik Alexa yang ikut2an jadi gembrot.

Dari kronologis diatas saya simpulkan bahwa

    Gonta-ganti template blogger memang ada pengaruhnya pada posisi Pagerank dan traffic.
    Waktu yang tepat untuk mengganti template jangan menjelang Update Pagerank.
    Ingat Search Engine itu punya Bot yang selalu crawling blog pada waktu tertentu untuk check penambahan Widget atau HTML dll. Kalau pasang tools Googlebot last access dari mypagerank.net, kita akan tahu kapan googlebot terakhir datang mengecek blog kita.  Mungkin setelah itu baru ganti template atau pas setelah google melakukan Update Pr.
    Tiga hal yang dicatat atau dibaca mesin telusur atau googlebot yaitu Metatag, keyword dan Diskripsi Blog. Jadi Jika mau ganti template copy paste dulu Metatag, keyword dan Diskripsi Blog dari template lama ke template baru agar tetap SEO Friendly.
    Upayakan kalau ganti template jangan merubah deskripsi blog dan keyword yang sudah tertanam..

Berdasarkan hal diatas ada beberapa Tips Ganti Template Tapi Tetap SEO Friendly

    Pilih template yang SEO Frendly
    Cari template yang simple, warna yang pas dan jangan terlalu banyak widget namun nyaman dipandang baik oleh owner maupun pengunjung.
    Ada baiknya template baru tersebut dicoba dulu di blog lain / blog dummy yang khusus untuk segala macam percobaan utak-atik template.
    Jangan terjebak dengan template yang katanya ringan / fast loading padahal cuma hasil dari kompress CSS, apalagi kompresnya yang tingkat tinggi, karena strukur kode akan berubah dan kita akan sulit kalau mau melakukan editing template. Kalau cuma ingin ringan nanti jika tampilan blog dan segalanya sudah ok.. baru kita kompres sendiri, caranya baca disini.. atau yang ini..
    Pilih sidebar yang ada disebelah kanan. Konon katanya search engine akan lebih dulu mengindek tulisan artikel baru setelah itu sidebarnya artinya mulai dari kiri ke kanan.
    Ingat ganti template akan menguras tenaga, layaknya bikin blog baru, kita harus melakukan penataan kembali seperti mengganti link2 yang ada dalam template itu, mungkin ganti ukuran font, warna dsb. karena selera orang itu tidak sama.

Mesti Waspada gan...jngn keburu buru di pikir lagi  >.< yawww.

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengecheck Kecepatan Blog dan Website

Macam-Macam Mesin Pencari Selain Google

Download Novel Ebook "The Alchemist"